Macam-macam virus dan antivirus tugas maintenen


Macam-macam virus dan antivirus tugas maintenen
Macam-macam virus dan antivirus

1.    Pengertian virus
Virus merupakan sebuah rutin program yang mampu melakukan penggandaan, reproduksi atau menyebarkan diri dan sifatnya menganggu. Dalam proses tersebut biasanya juga dilakukan pemindahan data dari suatu alamat ke alamat lain. Tetapi yang merupakan kerja utama dari virus adalah memperbanyak diri atau berkembang dari suatu disket ke disket lain, dari suatu file ke file yang lain atau gabungan dari keduanya. Dengan kata lain virus komputer merupakan kumpulan program komputer yang sengaja dibuat untuk tujuan merusak dan menular (menggandakan diri) secara otomatis.

.2    Macam-macam virus dibagi menjadi 3 jenis
   Menurut cara penularannya
    Virus sistem (boot sector)
Adalah virus yang mempunyai pintu gerbang di boot sector (side 0, track 0, sector 1). Virus ini akan menyusup ke memori, bila dilakukan proses boot (cold boot) ataupun (warm boot) dengan disket yang telah teratur oleh virus jenis ini.
    Virus file
Adalah virus yang masuk menempel pada file atau program yang dapat dieksekusi (executable file), yaitu file yang berkestensi. COM. atau .EXE. virus jenis ini adalah virus ISRAEL, REHEN WATER (rontok).
    Virus hybrid
Adalah jenis virus yang merupakan gabungan dari virus sistem dan virus file. Virus jenis ini penyebarannya sangat cepat, dan pembasmiannya juga lebih sulit. Ex: virus-101, magic, UFO-4 dan lainnya.
    Menurut keganasannya
    Virus jinak
Virus jenis ini tidak akan mengganggu lewat media I/O tetapi hanya numpang saja. Gangguan yang ditimbulkannya adalah unjuk kerja komputer menjadi lambat. Ex: Denzuko, PC CLUB, REHEN WATER dan lainnya.
    Virus ganas
Virus jenis ini cukup ditakuti karena dapat menimbulkan kerusakan data. Ex: SUPERNOVA, SSD (Sweet Seventeen Destroyer), dan lainnya.
    Virus mematikan
Virus jenis ini memang ditakuti, karena kerusakan data yang diakibatkannya, sudah tidak dapat lagi diselamatkan. Ex: DATACRIME, STONED dan lainnya.
    Menurut tujuan dari pembuatnya
    Untuk popularitas
Virus yang termasuk jenis ini tidak mengakibatkan apa-apa kecuali “ pesan sponsor ” dari pembuatannya untuk sekedar numpang saja. Ex: DENZUKO, PC CLUB, dan lainnya.
    Untuk sistem proteksi
Virus jenis dibuat untuk melindungi paket program tentu dari tangan para pembajak. Ex: SSD (Sweet Seventeen Destroyer) yang digunakan untuk melindungi software dBase III File Protection Utility (DBD3FPU)
    Untuk sabotase
Virus jenis ini jelas dibuat untuk niat buruk karena jelas bertujuan merusak, dan cara menyabut data orang lain untuk kemudian dimanipulasi, dirusak, atau dikirimkan kembali ke pemiliknya melalui jaringan komunikasi komputer. Ex: BLACK FRIDAY, DATACRIME, dan lainnya.

3.    Anti virus
Obat pertama untuk menangkal komputer adalah jangan sampai tertular. Dengan mengikuti anjuran berikut ini anda dapat membatasi diri dari penularan virus komputer.
    Jangan gunakan program sofware (kecuali jika ada jaminan bebas virus)
    Gunakan disket dalam keadaan write protect
    Jangan mengambil program dari bulletin board (kecuali ada jaminan bebas virus)
    Jangan menerima software dari pengiriman tidak dikenal
    Jangan biarkan komputer anda dipakai orang semaunya
    Lakukan back-up data penting secara periodik
    Sejumlah program antivirus yang ada sekarang dikenal sangat sukses mengatasi berapa virus tertentu.
    DR.Solomon’s Anti Virus Toolkit
    IBM Scan
    SCAN
    Virex PC
    Norton Anti-Virus
    E-Trust Anti-Virus

gambar virus dan antivirus,



Macam-macam virus dan antivirus tugas maintenen

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Macam-macam virus dan antivirus tugas maintenen "

Posting Komentar

Jika Anda Komentar , Komenterlah Dengan Sopan Dan Baik, Kalo Ada Yang Komentar Jelak Mendingan Jangan Berkomentar