Pengertian , Fungsi Dan Akibat Kerusakan PC Motherboard


Pengertian , Fungsi Dan Akibat Kerusakan PC Motherboard
Pengertian Motherboard adalah perangkat keras komputer yang memiliki peran utama dan paling vital. Di mana di dalam cara kerjanya, motherboard mengemban tugas untuk mengatur hal-hal teknis seputar BIOS (Basic Input Output System), Chipset (pengatur koneksi input-output), RAM (memori penyimpanan data sementara), VGA card (memori penyimpan data grafis), prosesor, dan Additional card (PCI, ISA).


Fungsi dari motherboard adalah menghubungkan seluruh komponen penyusun sebuah komputer , artinya mobo di sini mengemban tugas untuk menghubungkan bahasa kode antar perangkat keras agar dapat disinergikan menjadi sebuah aktivitas kerja perangkat komputer. Dilihat dari pengertian motherboard  dan fungsi nya maka tak salah bila mobo ni disebut sebagai perangakat keras yang paling utama dalam sebuah komputer.
Sebagai sebuah papan induk di dalam sistem komputer, tentu saja motherboard memiliki fungsi utama sebagai papan tempat tersambungnya socket komponen CPU, seperti :
  • Processor
  • VGA Card
  • LAN Card
  • RAM
  • Harddisk
  • Sound Card
  • Dan semua komponen yang terdapat di dalam sebuah sistem komputer.
Akibat Kerusakan:

1. Overheat pada Komponen CPU Adalah karena terjadinya overheat alias panas berlebih pada beberapa komponen CPU anda. Beberapa kompoenen CPU yang sering mengalami pansa berlebih biasanya adalah :
  • Processor
  • Harddisk
  • RAM
  • VGA Card
2.  IC komponen Terbakar Adalah IC merupakan salah satu kontroler yang dapat menjalankan fungsi dari komponen CPU. Gangguan pada IC berpotensi merusak motherboard anda, terutama apabila IC mengalami korsleting dan akhirnya terbakar.


3.  Tegangan dan Suplai Listrik Tidak Stabil Adalah karena adanya tegangan dan juga suplai listrik yang tidak stabil. Tegangan serta suplai listrik yang tidak stabil ini dapat menyebabkan motherboard tidak memperoleh suplai listrik secara optimal, dan tidak dapat menjalankan sistem komputer dengan baik. Hal ini kemudian dapat menyebabkan motherboard mengalami kerusakan, dan bisa terbakar, apabila suplai dan tegangan listrik terlalu besar.

4.  Overclocking CPU, Processor dan Komponen Lainnya Adalah Kerusakan pada motherboard lainnya dapat menimbulkan gejala berupa kipas atau fan dari sebuah CPU dan Processor tidak bekerja. Hal ini terjadi karena motherboard tidak dapat memberikan aliran listrik kepada kipas, sehingga kipas tidak dapat bekerja

5.  Virus Adalah Beberapa jenis virus mampu membuat CPU mengalami ‘overclocking’ sendiri, sehingga menyebabkan laptop atau komputer mengalami panas berlebih. Karena itu, penggunaan antivirus yang diupdate secara berkala merupakan salah satu kewajiban, agar virus tida dapat merusak hardware komputer


Dan jangan lupa yaa kunjungi Puguhbocil14

Pengertian , Fungsi Dan Akibat Kerusakan PC Motherboard

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian , Fungsi Dan Akibat Kerusakan PC Motherboard"

Posting Komentar

Jika Anda Komentar , Komenterlah Dengan Sopan Dan Baik, Kalo Ada Yang Komentar Jelak Mendingan Jangan Berkomentar